Tips Merawat Mobil Tua, Gampang Banget!

Dunia otomotif kian hari semakin berkembang. Kendaraan lama pun perlahan tersingkir akibat hadirnya kendaraan model baru. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk beberapa kendaraan mobil. Ya, kendaraan roda empat model lama memang banyak digandrungi oleh banyak orang, terutama kolektor. Banyak alasan kenapa mereka gemar mengoleksi mobil tua, salah satunya bentuk yang unik. Nah, bagi kalian yang hobi mengoleksi mobil lawas, berikut kita berikan tips cara merawat mobil tua:

Ganti Oli Secara Rutin

Umumnya, semua jenis kendaraan diwajibkan untuk mengganti oli mesin secara rutin, tak terkecuali mobil lawas. Mengganti oli mesin yang baru berfungsi untuk menjaga mesin tetap dengan keadaan baik. Normalnya, penggantian oli dilakukan setiap sebulan sekali, namun hal tersebut balik lagi dengan pemakaian setiap kendaraan. Selain menjaga mesin tetap baik, oli baru dapat menjaga mesin dari karat. Nah, agar mobil klasik kalian tetap bisa berfungsi, lakukanlah penggantian oli secara rutin.

Selalu Perhatikan Kabel, Ring, dan Karet Penyangga

Kabel merupakan salah satu bagian penting pada mobil. Periksalah kabel pada mobil, jika dinilai sudah tak layak pakai, segeralah ganti. Kabel yang tidak layak pakai sangat rentan dengan korsleting dan dapat memicu datangnya api.

Selain itu, periksa juga ring, apabila ring mobil kalian sudah berkarat, segera lakukan penggantian karena ring yang tidak bagus bisa menghambat aliran bensin.

Jangan lupa untuk melihat keadaan karet penyangga mobil. Ganti penyangga jika diklaim sudah tidak layak pakai. Hal itu dilakukan agar kalian merasa aman dan nyaman saat mengendarai mobil. Selain itu, karet penyangga yang sudah tidak layak bisa menyebabkan percikan air hujan masuk ke dalam.

Periksa Mobil Secara Berkala

Jika kalian enggan melakukan pengecekan sendiri, bawalah mobil ke bengkel secara rutin. Di bengkel, mobil kalian akan dilakukan pengecekkan, perbaikan, penyetelan, dan masih banyak lagi. Untuk rentan waktu, usahakan lakukan hal ini sebulan sekali. Namun begitu, pemeriksaan dapat dilakukan sesuai dengan pemakaian mobil.

Cuci Mobil dengan Teratur

Siapa yang tak mau mobil lawasnya terlihat kece? Semua orang tentu menginginkan hal tersebut. Tapi, agar mobil terlihat kece, kalian harus melakukan perawatan ‘khusus’ pada mobil. Cucilah mobil secara rutin, minimal seminggu sekali. Dengan begitu, dijamin mobil kalian akan menjadi pusat perhatian orang-orang.

Berikan Alat Pemadam Api

Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan mobil tua kalian, ada baiknya berikanlah alat pemadam api. Biasanya, mobil tua sangat rentan dengan kejadian korsleting. Jadi tak ada salahnya kan untuk memberikan alat pemadam api di mobil kalian. Tapi, emang ada ya alat pemadam api untuk mobil? Tenang, di zaman modern ini, semuanya serba canggih, tak terkecuali alat pemadam api. Kini telah hadir alat pemadam api otomatis bernama Sumato.

Ya, Sumato merupakan alat pemadam api cerdas yang dapat melawan dan mencegah kebakaran. Untuk cara kerja, alat pemadam api cerdas ini dapat memadamkan api hanya dengan waktu 5 detik. Hebatnya, alat pemadam api modern ini aman digunakan karena terbuat dari bahan yang tidak berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Berkat cara kerjanya yang efektif, Sumato telah memiliki sertifikat nasional dan internasional. Tunggu apa lagi, yuk gunakan Sumato yang siap melindungi kalian selama 24 jam dari kebakaran.