Sejarah dan Perkembangan Kompor dari Masa ke Masa

Sejak dulu, manusia sudah memanfaatkan sumber api untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Namun seiring berkembangnya zaman, mereka beralih menggunakan alat bernama Kompor. Ya, kompor telah digunakan sejak dulu. Kompor merupakan alat masak yang sangat dibutuhkan setiap orang baik dari kalangan atas maupun kalangan bawah.

Nah di zaman sekarang ini, kita lebih mengenal kompor yang sudah ada gasnya. Namun tahu kah kalian? Sebelum adanya kompor gas, ternyata kompor memiliki sejarah panjang, lho. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut kita berikan ulasannya.

Tungku Api dan Kamado

Alat pertama yang digunakan memasak oleh orang zaman dulu ialah Tungku Api. Alat ini pertama kali ditemukan di China pada zaman Dinasti Qin (221-206/207 SM. Tungku Api sendiri terbuat dari tanah liat yang terbentuk dengan sederhana. Tak hanya di Tiongkok, dahulu, Jepang juga memiliki alat masak bernama Kamado. Kamado merupakan alat masak yang ada pada masa Kekaisaran Kofun sekitar abad ke-3 M sampai abad ke-6 M. Bentuk dari Kamado tak berbeda jauh dengan Tungku Api yakni kotak persegi. Kamado sendiri semakin berkembang dan digunakan masyarakat Jepang hingga Kekaisaran Edo pada 1603-1867 M.

Kompor Minyak

Kompor minyak ditemukan oleh seorang bernama Alexis Soyer pada pertengahan abad ke-19. Dalam melakukan eksperimen, Alexis menemukan dua jenis kompor minyak. Yang pertama ialah kompor yang memiliki tekanan udara untuk menyalakannya, dan kedua ialah kompor minya yang memiliki sumbu. Walaupun berbeda jenis, bentuk kedua kompor tersebut memiliki bentuk yang sama. Kompor minyak sendiri juga sudah terdapat pengatur api/sumbu dan indicator sebagai petunjuk banyaknya minyak tanah.

Kompor Gas

Perkembangan kompor semakin pesat. Pada tahun 1851, kompor gas resmi diperkenalkan di acara World Fair. Lalu, pada September 1859, lelaki bernama George B. Simpson akhirnya memperkenalkan kompor yang pemanasannya didapat dari listirk pada 20 September 1859. Hingga kini, kompor gas masih menjadi alat yang sangat berguna untuk menyambung hidup manusia

Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang lalai akan penggunaan kompor. Akibatnya, kelalaian tersebut berujung dengan terjadinya kebakaran. Nah oleh karena itu, masyarakat sangat butuh dengan alat pemadam api canggih. Seperti Sumato. Apa itu Sumato? Sumato merupakan alat pemadam api cerdas yang dapat melawan dan mencegah kebakaran. Alat pemadam api otomatis ini dapat bekerja tanpa bantuan dari mannusia. Jadi, Sumato akan melindungi kalian dari kebakaran selama 24 jam non stop.

Selain itu, kandungan yang terdapat pada produk Sumato tidak berbahaya dan aman bagi lingkungan, manusia, dan benda di sekitar lainnya. Tak hanya itu, Sumato dapat memadamkan api hanya dengan 5 detik. Berkat cara kerjanya yang efektif itu, Sumato telah mendapatkan sertifikat nasional dan internasional. Sumato bisa dipergunkan diberbagai tempat seperti tabung gas, kwh meter, kap mobil, gudang, dan masih banyak lagi. Nah untuk meminimalisir musibah kebakaran, yuk gunakan Sumato di manapun kalian berada. Padamkan Apimu!